7 Cara Mudah Membangun Optimasi Facebook Marketing Organik (Gratisan)


Sudah menjadi rahasia umum, jika Facebook merupakan media sosial yang paling banyak digunakan di dunia. Dengan jumlah pengguna di Indonesia saja yang mencapai puluhan juta pengguna, menjadikan facebook sebagai salah satu media marketing yang paling efektif.  Di sini akan di bahas 7 Formula Membangun Optimasi Facebook Marketing Organik Agar meningkatkan penjualan anda. 
Sebelumnya, Sebenarnya ada dua cara untuk mengoptimalkan pemasaran kita di facebook:
1. Cara Gratis (disini)
2. Cara Berbayar (Facebook Ads, Tool, Beranyar. Jasa Marketer (orang).
Cara gratis dilakukan oleh para pebisnis online dengan memanfaatkan banyak fasilitas yang telah disediakan facebook, mulai dari akun facebook profile, selain itu ada grup facebook, fanpage, event, dan fitur pendukung lainnya. Cara berbayar adalah dengan menggunakan fasilitas facebook ads yang disediakan oleh facebook untuk memperluas bisnis online para pelaku bisnis online di facebook.
Baca Juga:
Facebook Ads, Manfaat dan strategi yang di Lakukan 
Dicatatan ini, tidak akan membahas cara berbayar. Jadi hanya akan membahas cara yang gratis. 
Bagaimana Cara mengoptimasi akun facebook kita untuk kepentingan bisnis yang kita jalankan?
Sebenarnya untuk sukses bisnis (katakanlah disini jualan) di dunia facebook itu sederhana, yaitu,
“Kuncinya adalah membuat postingan yang disukai, dibutuhkan dan bisa dilihat sebanyak-banyaknya oleh akun facebook target pasar kita”.
(Disukai) Isi postingannya menarik target pasar untuk berinteraksi
(Dibutuhkan) Penawaran (baik berupa jualan langsung atau ajakan untuk melakukan sesuatu yang kita inginkan) yang diletakkan didalam postingan mendapat sambutan positif (closing)

Cara untuk bisa membuat postingan banyak disukai, dibutuhkan dan dilihat sebanyak-banyaknya target pasar adalah dengan memastikan teman-teman facebook kita adalah teman-teman yang tertarget (memiliki minat yang besar terhadap produk jualan kita). jika perlu unfriend teman yang tidak tertarget.
Contoh sederhana, saya saat ini jualan produk digital untuk para internet marketer. Maka saya maksimalkan teman-teman facebook adalah para internet marketer atau pebisnis online. Bagaimana mencari akun-akun target kita? Anda bisa masuk kegrup-grup yang membahas tentang dunia internet marketing dan juga menambahkan “pesaing” yang sudah memiliki banyak follower.


1. Temukan dimana biasanya Target Market Berkumpul 
Cara menemukannya adalah silakan cari di banyak Fanpage atau grup-grup Facebook yang berkaitan dengan produk. Tinggal ketik saja di kolom pencarian yang disediakan Facebook.

Misalnya kalau kita memasarkan produk skin care, maka carilah grup atau fanpage yang didalamnya membahas tentang kecantikan. Contohnya bisa gunakan kata kunci seperti ini: Tips memutihkan kulit, cantik alami, tips kecantikan, tutorial makeup, dll. (Ingat Bukan grup yang lain).

Lalu Add Friend membernya. Pola nomer 1 ini Keywordnya adalah setelah ketemu grup/fanpagenya "ADD FRIEND". Cara ini Bisa dilakukan untuk menarget member yang ada di Fanpage competitor juga. Ingat! Add Friend Tertarget untuk awal cukup 10 orang di pagi hari. 10 orang di siang hari. 10 orang di malam hari. (perlu di ingat PERINGATAN dari Facebook.

2 Cara Manage Add Friend
Setelah 5 Hari, melakukan aktivitas rutin no 1 diatas, biarkan dua hari tidak "Add Friend", lalu hari ke 7 lakukan Clean (menghapus permintaan pertemanan yang tidak direspon). Hal ini bertujuan untuk  mengurangi risiko blokir Facebook  "Cancel request permintaan pertemanan)".

3. Lakukan Update Status 3x Sehari.
Cara memperkenalkan diri yang elegan kepada Friend Tertarget adalah dengan memposting status yang pasti dibaca mereka.
Dengan cara cari tahu KONTEN seperti apa yang membuat mereka TERTARIK. Jangan membuat konten yang terlalu umum, apalagi konten yang tidak menarik bagi Friendlist kita.
Sebenernya, Update Status tidak harus tips atau soft selling tentang bisnis. Anda bisa juga cukup dengan posting gambar/video lucu, teka-teki, atau hal-hal unik yang intinya memancing orang untuk berinteraksi di status. Tujuannya agar mereka interaksi Like,Comment atau Share di postingan kita. Dengan begitu, sesuai Algoritma Facebook dan kedepan, setiap kali kita update status, maka akan muncul di beranda mereka yg suka melakukan interaksi Like, Comment atau Share di postingan kita. Di Langkah ini, kita sudah mempersiapkan diri agar promosi kita di kemudian hari akan terlihat oleh mereka jadi tidak perlu komen jualan.

4. Berinteraksi dengan Friendlist yang sudah kita bangun. 
Luangkan 15-30 menit untuk melihat recent update beranda akunnya dan berinteraksilah, seperti, Like dan Comment di Status Friendlist. Seperti pembahasan yang menarik, jangan ragu ikut share status friendlist juga. Meski hanya sebuah interaksi LIKE, itu akan membuat mereka mengenal kita dengan lebih cepat. (Inilah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh orang yang baru terjun ke optimasi Facebook Marketing Organic cuma membuat post, tanpa bersosialisasi).
Perlu di ingat kembali Media Sosial adalah kita juga harus bersosialisasi dengan orang lain. Bukan cuma posting sendiri tanpa mempedulikan interaksi pertemanan yang sudah tambahkan sebelumnya

5. Join Groups yang Relevan dengan Jualan anda dan berinteraksilah disana.
Tujuannya selain untuk melihat topik pembicaraan yang sedang hot di bidang tersebut, juga untuk lebih mendalami behaviour dan tingkat interest target market. "Ini penting untuk strategi promosi dari sisi mana kita mulai masuk".

6. Tahap Promosi dan penjualan produk.
Untuk promosi tidak perlu terlalu sering. Luangkan waktu saja 7 hari dalam 1 bulan dan itu adalah Promo Diskon. Biasanya Jika tidak ada scarcity (keterbatasan waktu), orang suka menunda untuk beli. Jadi kita perlu menciptakan keterdesakan itu. Jadi bisa buat promo diskon selama satu minggu.

7. Bersih-bersih Friendlist yang tidak melakukan Interaksi.
Jika interaksi semakin berkurang, sudah saatnya mengganti friendlist yang pasif dengan friendlist yang baru.
Baca Juga:
Jadi, itulah 7 Formula dalam melakukan Optimasi FB Marekting Organic yang bisa lakukan setiap hari secara manual (gratis).  

0 Response to "7 Cara Mudah Membangun Optimasi Facebook Marketing Organik (Gratisan)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel